6/24/2014

Perbedaan Mesin Cuci Dulu dan Sekarang

Aneh Tapi Nyata - Penemuan mesin cuci merupakan bagian dari sejarah yang mengubah cara orang mencuci pakaian. Bahkan ada yang menyebutnya “penemuan terbesar dalam revolusi industri” karena dipercayakan bahwa ini berhubungan dengan kemajuan kaum wanita. Kita sekarang sudah sangat beruntung karena pakaian kotor sehabis dipakai dapat langsung dibersihkan dengan mudah dan cepat hanya dengan memasukkannya ke mesin pintar ini dan menekan beberapa tombol saja. Kita tidak perlu membersihkan pakaian dengan mengucek dan membanting-bantingkan ke batu seperti yang orang jaman dulu lakukan. Walaupun bila dibandingkan, mesin cuci jaman dulu hingga sekarang telah mengalami perkembangan teknologi yang pesat, tetapi uniknya ada beberapa mekanisme yang masih digunakan di mesin cuci modern saat ini.

Mesin Cuci Manual Generasi Awal


Walaupun ada informasi yang berbeda-beda, namun beberapa sumber menyebutkan bahwa cikal bakal mesin cuci awalnya didesain pertama kali pada pertengahan abad 19 oleh pria berkebangsaan Amerika Serikat bernama James King, yang kemudian dipatenkan olehnya. Mesin cuci ini pertama kali menggunakan tabung dalam mekanismenya. Nah, bagian inilah yang konsepnya masih digunakan pada mesin cuci modern yang kita gunakan sekarang. Perbedaan yang sangat mencolok dari mesin generasi awal ini adalah mesin digerakan secara manual, alias menggunakan tenaga manusia. Generasi berikutnya dari mesin cuci manual adalah mesin cuci rotasi. Mesin cuci rotasi ini memiliki silinder berlubang dalam di dalam tabungnya yang berputar jika digerakkan dengan tangan. Saat silinder berputar, air akan dialirkan dan keluar melalui lubang-lubang tersebut untuk membersihkan pakaian.

Penggunaan Listrik pada Mesin Cuci

Pemakaian tenaga listrik untuk menggerakkan mesin cuci belum diperkenalkan hingga pada sekitar abad ke 20. Adalah Alva J Fisher yang membuat mesin cuci yang digerakkan dengan menggunakan motor listrik. Hal ini merupakan perubahan besar dalam evolusi mesin cuci yang dipakai hingga sekarang. Penggunaan tenaga listrik memungkinkan pakaian untuk dapat dibersihkan dengan lebih cepat dan jauh lebih efektif jika dibandingkan menggunakan tenaga manusia. Mesin versi ini dibuat dengan menggunakan material besi tuang (cast iron) yang besar dan berat sehingga membuatnya terlihat tidak ramping dan sangat berat.

Mesin Cuci Modern

Perbedaan utama mesin cuci modern dengan generasi-generasi sebelumnya adalah dengan ditanamkannya chip pintar untuk mengontrol mesin cuci. Chip ini akan mencuci pakaian sesuai dengan siklus cucian yang dipilih, seperti berapa suhu air yang digunakan dan berapa lamanya pencucian. Teknologi yang dipakai oleh mesin cuci modern semakin berkembang ini memperbolehkan para designer untuk menaruh lebih banyak perhatian dalam proses pembuatannya. Banyak produsen berlomba-lomba untuk membuat mesin cuci terbaik dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Tidak hanya dalam hal estetika seperti membuat mesin cuci berdesain sangat menarik dengan bermacam warna pilihan yang menggoda, namun juga untuk menjadi lebih peduli terhadap dampak lingkungan. Banyak teknologi baru yang diperkenalkan menjadi lebih ramah lingkungan, seperti adanya siklus pencuci eco wash yang mengkonsumsi air dan tenaga listrik dengan minimum namun tetap menghasilkan cucian yang bersih. Mesin cuci terbaik yang ada di pasaran saat kini bahkan dapat dioperasikan dari jarak jauh melalui smartphone, hal yang mungkin kita tidak bayangkan sebelumnya. Dan tentunya mesin cuci modern dibuat dengan material yang jauh lebih ringan dan kecil namun tetap kuat, sehingga membuatnya terlihat jauh lebih menarik dan tidak membutuhkan ruangan yang besar untuk menaruhnya di rumah.

Sumber:
http://invent.answers.com/housewares/the-history-of-the-washing-machine

Believe or No di lounge.kucoba.com Percayalah.

Perbedaan Mesin Cuci Dulu dan Sekarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kang Salman