Hiu BUSUK Sampai LARVA SEMUT , Daftar Makanan Teraneh Di Dunia

 Tertarik untuk memberi tantangan pada indera perasa Anda? Ya, dunia ini penuh dengan beragam makanan dengan citarasa khas, aneh, atau mengerikan sekalipun. Semuanya bisa Anda coba, jika Anda berani.

Berikut lima makanan yang cukup unik, atau lebih tepat disebut aneh, dari berbagai penjuru dunia. Harap diperhatikan, makanan ini mungkin aneh bagi sekelompok orang tapi di tempat asalnya inilah makanan yang sehari-hari disantap.

Prairie Oysters dari Kanada

Namanya mungkin tiram (oyster) tapi hidangan ini bukan diambil dari laut. Makanan ini diracik dari testis kerbau atau dikenal sebagai Rocky Mountain Oyster alias tiram dari Pegunungan Rocky.

Mereka yang tertarik disarankan pergi ke Alberta dan mencari Buzzards Restaurant di daerah Calgary. Selama musim panas makanan ini tersaji, bahkan ada festival khusus untuk merayakan kuliner dari testis kerbau.

Tiram model ini bisa dimasak tumis, digoreng, atau diberi isian, dan dibumbui dengan rempah-rempah, saus, atau cocolan.

Haggis Dari Skotlandia

Inilah makanan nasional Skotlandia, berupa campuran hati, liver, dan paru-paru domba serta bawang, oatmeal, bumbu, dan kaldu. Campuran tersebut dimasukkan dalam perut domba lalu direbus.

Makanan ini merentang jauh sejak tahun 1400 dan sampai sekarang masih tersaji sebagai hidangan utama. Biasanya seporsi haggis akan terhidang bersama kentang tumbuk dan turnip.

Di supermarket Skotlandia Haggis dengan mudah bisa dicari di rak makanan, Haggis juga dipandang sumber zat besi dan serat yang baik.

Sannakji Dari Korea Selatan

Sannakji merupakan gurita mentah yang dimakan utuh atau dipotong-potong. Biasanya minyak wijen dituang ke atas gurita sebelum dimakan. Gurita yang masih hidup mengakibatkan tentakelnya bergerak-gerak saat piring tersaji.

Laporan menyebut kematian timbul akibat konsumsi Sannakji. Ini karena tentakel yang masih bergerak menyebabkan kerongkongan tercekat, mengakibatkan tercekik bahkan kematian.

Rasa gurita sebenarnya cukup lembut, tapi karena masih hidup lapisan luarnya membuat gurita sulit ditelan.

Escamoles Dari Meksiko

Bentuknya mungkin mirip salad dari biji-bijian, tapi perhatikan lagi. Biji-bijian ini sebenarnya merupakan larva semut atau sering disebut kaviar serangga.

Larva semut dipandang sebagai makanan lezat bangsa Meksiko dan konsumsinya sudah jauh dari zaman Aztek. Telur semut dipanen sistem akar tanaman seperti agave. Larva semut biasa dimakan sebagai isian taco, omelet, atau begitu saja.

Rasanya cukup enak apalagi jika ditumis dengan mentega atau digoreng.

Hakarl Dari Islandia

Hiu busuk terkesan tak mungkin dimakan. Tapi hiu yang dimakan segar justru beracun. Butuh beberapa waktu agar hiu terfermentasi dan membusuk agar dagingnya bisa dimakan. Itu jika pemakannya sanggup melahap makanan berbau amonia dan amis.

Mereka yang makan Hakarl untuk pertama kali biasanya akan muntah. Tapi orang Islandia bisa memakannya sepanjang waktu, setiap saat. Bahkan Hakarl dengan mudah ditemukan di supermarket dalam bentuk kemasan vakum, dikutip dari laman Readers Digest Kanada.