Seniman Asal Swedia Bikin Negara Sendiri

Berita Aneh - Geram dengan pemerintah yang terus melarang karya seninya, seorang seniman memutuskan untuk mendirikan negara sendiri. Kejadian aneh ini terjadi pada tanggal 2 Juni 1996 di Swedia. Ialah Lars Vilks seorang seniman asal Swedia berhasil mendirikan sebuah negara bernama Ladonia. Lokasinya terletak di kawasan sebelah selatan Swedia.
Bikin Negara Sendiri
Ladonia, Micronation of Sweden
Latar belakang pendirian negara tersebut dimulai setelah Vilks terlibat sengketa habat dengan pemerintah terkait karya seninya. Pada tahun 1980 Lars Vilks membuat sebuah patung kayu seberat 70 ton yang ia beri nama Nimis.

Patung tersebut dibuat di daerah terpencing dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki atau menyusuri sungai dengan sampan.

Ketika pihak pemerintah menemukan sebuah patung secara tidak sengaja di daerah terpencil tersebut, mereka minta agar karya seni tersebut dihancurkan. Tak terima atas perlakukan pemerintah Vilks pun keberatan lalu membawa ini kedalam meja pengadilan.

Setelah berbagai upaya banding di meja hijau dilakukan tak pernah sekalipun memberikan angin segar bagi Vilks karena selalu kalah. Karena kesal dengan pemerintah akhirnya Vilks mendirikan sebuah negara bernama Ladonia yang dia persembahkan sebagai ekspresi karya seni.

Vilks juga menyatakan di negaranya ada seorang ratu dan pangeran serta duta besar dan para menteri. Bahkan negaranya juga punya bahasa nasional yang terdiri hanya dua kata: waaaall dan yp (meski tak jelas juga apa arti kedua kata itu).

https://en.wikipedia.org/wiki/Lars_Vilks

Believe or Not di lounge.kucoba.com Percayalah.