10/03/2014

Uang Dari Batu Peninggalan Zaman Purba

Aneh Tapi Nyata - Di pulau Yap, yang berada di kepulauan Solomon, ditemukan sebuah “uang teraneh” yang digunakan sebagai alat tukar penduduk di sana dan mungkin itu merupakan alat pembayaran tersesar dan teraneh di dunia. Bayangkan saja diameter uang ini mencapai 3 meter dengan berat kurang lebih 8 ton.

1. Uang dari batu (Pulau Yap, Kep. Solomon)


Uang ini terbuat dari batu Rai (sejenis batu kapur). Redaksi lounge.kucoba.com kehabisan kata-kata untuk menggambarkan sejarah batu yang disebutkan tadi. Entah kepercayaan apa yang dianut oleh masyarakat Pulau Yap sehingga mensakralkan batu ini, mungkin sama seperti masyarakan modern sangat mengagungkan batu emas.

Karena jenis batu ini tidak bisa ditemui di Pulau Yap, masyarakat Pulau Yap rela mengorbankan nyawa mereka untuk berpetualang mencari batu ini.

Tahukah kamu? Nilai nominal dari batu ini dinilai bukan hanya berdasarkan ukuran, tapi juga dinilai berdasarkan pengorbanan mendatangkannya ke Pulau Yap, termasuk jumlah nyawa yang melayang karena pengorbanan tersebut.

Karena bentuknya besar, uang ini dibiarkan tergeletak di luar rumah pemiliknya, bahkan kadang di hutan. Meski tergeletak di mana saja, orang-orang pasti mengetahui siapa pemiliknya saat ini. Apabila terjadi pergantian kepemilikan, akan dilakukan dalam upacara tertentu.

Tentu saja itu jaman dulu. Pemerintah setempat telah melarang batu-batu uang ini keluar dari Pulau. Tapi setidaknya kamu bisa jumpai uang antik ini di lobi Bank of Canada di Ottawa.

Page   1     2     3     4     5

Uang Dari Batu Peninggalan Zaman Purba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kang Salman