Tabarakan Asteroid Raksasa Di Jupiter Ciptakan Lubang Raksasa Selebar 8000km

Tabarakan asteroid raksasa di jupiter ciptakan lubang raksasa 8000km
Planet Jupiter
Tabarakan Asteroid Raksasa Di Jupiter Ciptakan Lubang Raksasa Selebar 8000km. Tau kan gambar apa ini?? hm.. ini foto memperlihatkan bekas tabrakan (warna hitam) komet/asteroid ke dekat kutub selatan Planet Jupiter yang lebarnya mencapai 8000 km. waw??? keren ya.. hhehhe :d

Hasil tabrakan benda raksasa yang diduga komet atau asteroid ke permukaan Planet Jupiter menciptakan bekas tumbukan yang sangat luas. Bekas tabrakan ini berhasil diambil gambarnya oleh teleskop luar angkasa, Hubble.

Di gambar tersebut terlihat noda hitam yang menurut tim Hubble yang dipimpin oleh Heidi Hammel dari Institute Ilmu Luar Angkasa di Boulder, Colorado, AS, lebarnya tak kurang dari 8.000 km. Jika dibandingkan dengan obyek di Bumi, ini kira-kira mencapai lebih dari setengah dari lebar Samudra Pasifik. Luas juga ya?? padahal Lubang !!

Terjadinya tabrakan ini pertama kali ditemukan astronom amatir Australia bernama Anthony Wesley pada 19 Juli. Saat melakukan pengamatan malam hari, Wesley menemukan noda hitam tersebut terletak di dekat kutub selatan Jupiter.

"Karena kami percaya dampak dari tabrakan sangat langka, kami sangat beruntung bisa melihatnya dengan Hubble," ungkap Amy Simon-Miller dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard milik NASA, Greenbelt, Maryland.

Tabrakan itu pun patut disyukuri karena terjadi di Jupiter dan tidak menabrak planet tempat tinggal kita, Planet Bumi. Kalau tabrakan ke Jupiter yang memiliki volume 1321,3 kali volume Bumi bisa menghasilkan noda hitam yang sedahsyat itu.

Bagaimana nasib kita bila Bumi yang ditabrak ya?


Believe or Not di Patimeh Percayalah Daftar Isi